Thursday, May 2, 2013

Penanjakan Gunung Bromo

Gunung Penanjakan / Puncak View Poit Bromo - Penanjakan merupakan gugusan bukit tertinggi yang berada disisi utara Gunung Bromo yang menjadi tempat pos pantau aktifitas Gunung Bromo. Selain menjadi pos pantau, tempat ini terletak di kabupaten pasuruan, tempat ini juga menjadi tujuan utama bagi para wisatawan Lokal maupun Mancanegara untuk menyaksikan pesona keindahan alam Gunung Bromo dan ‘The Famous Sunrise’

Gunung Penanjakan merupakan tempat yang sangat strategis untuk mendapatkan panorama eksotic kawasan wisata alam Gunung Bromo, ini dikarenakan ketinggiannya yang mencapai 2770 mdpl atau lebih tinggi dari Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2329 mdpl.
Untuk mencapai Gunung Penanjakan bukanlah perkara yang mudah, membutuhkan perjuangan dan keberanian, karena biasanya untuk mencapai tempat ini dilakukan pada dini hari dengan jalan yang terjal dan harus melewati lautan pasir yang luas khususnya yang melalui jalur pintu masuk melalui Probolinggo, Malang (Tumpang) dan Lumajang. Sedangkan yang melalui Pasuruan relatif lebih mudah.
Sesampainya di gunung Penanjakan kita tidak perlu khawatir walaupun tengah malam, karena disini banyak warung yang menyediakan makanan dan minuman hangat, tersedia juga aneka suvenir sebagai kenang-kenangan.
Untuk menyaksikan ‘The Famous Sunrise’, kita harus sudah sampai di gunung Penanjakan pada pukul 04.00. Setidaknya bisa mencari tempat yang strategis supaya mendapatkan moment istimewa ini dengan maksimal, karena tempat ini akan penuh sesak oleh pengunjung terutama pada hari libur. Pengunjung yang datang bukan hanya wisatawan domestik tetapi banyak wisatawan asing yang juga ingin menyaksikan  ‘The Famous Sunrise’ ini.  Moment ini tidak berlangsung lama, karena itu jangan sampai terlambat datang  jika tidak ingin menyesal. Setelah ‘The Famous Sunrise’ meninggi, kita juga bisa menyaksikan ‘The Sea of Sand’ disekitar gugusan gunung Bromo dan gunung-gunung yang ada disekitarnya seperti Gunung Batok, Gunung Semeru dll. Begitu menakjubkan, lautan pasir luas itu bertambah eksotic tatkala ditutupi awan putih yang menyebar dibeberapa bagian, seolah-olah kita berada diatas awan.

Setelah puas menikmati panorama alam Gunung Bromo dari atas Gunung Penanjakan, kita bisa merasakan langsung sensasi menyusuri ‘The Sea of Sand’ dan dan mendaki Gunung Bromo sampai kepuncaknya.

Dari Gunung Penanjakan kita tinggal turun melewati jalan beraspal yang cukup terjal, setelah melewati jalur menurun kita akan dihadapkan pada hamparan lautan pasir yang luas. Ternyata tidak semudah yang kita bayangkan untuk melewati lautan pasir ini, harus benar-benar hati-hati, apalagi jika menggunakan kendaraan roda dua.
Untuk datang kesini dianjurkan menggunakan kendaraan sewaan yang disediakan pengelola wisata, karena dengan kendaraan yang sesuai medan, dengan sopir setempat yang memiliki ketrampilan dan pengalaman, keselamatan kita menjadi lebih terjamin.

No comments:

Post a Comment