Wednesday, May 1, 2013

Gunung Bulusaraung

Gunung Bulusaraung - merupakan salah satu Gunung yang terdapat di Sulawesi Selatan lokasinya berada diantara Kota Kabupaten Pangkep dan Kabupaten. Maros , tepatnya di Kecamatan Balocci Desa Tompobulu dengan ketinggian gunung mencapai 1.260 Mpdl. 
Gunung Bulusaraung ini juga termaksud salah satu Gunung di Sulawesi Selatan yang banyak dikunjungi baik itu oleh wisatawan luar Sulawesi Selatan maupun para Pendaki Gunung. Untuk menuju ke puncak gunung hanya perlu menempuh jarak sekitar 3-4 jam dari  pemberhentian terakhir atau biasanya disebut POS 0 didesa Tompobulu.
Gunung yang memiliki ketinggian 1.200 Mdpl ini walapun tidak termaksud Salah satu Gunung tertinggi di Sulawesi Selatan Tetapi memiliki Jalur yang cukup menantang serta sedikit extrem apalagi saat musim hujan pastinya agak kesulitan untuk menempuh jalur sesuai waktu yang ditentukan apalgi buat Pendaki atau wisatawan yang mendaki ke Gunung Bulusaraung untuk pertama kalinya. Tetapi walapun jalurnya sedikit sulit tetapi ada bebera Pos / Tempat peristirahatan sejenak yang memiliki Pemandangan yang sangat Indah dan sayang untuk dilewatkan, sehingga dapat mengobati rasa lelah dalam perjalanan. selain itu di Gunung Bulusaraung juga terdapat beberapa species  Flora dan Fauna diantaranya Tumbuhan Rotan, Kemiri, Kelapa Serta Beberapa Tumbuhan warga yang sengaja ditanam di gunung tersebut, Kera hitam (maccaca maura)  Kupu – kupu (triodes holiptron),  Musang (macrogolidia masenbraiki). dll.
Pada pendakian Gunung Bulusaraung pendaki melewati 9 Pos peristrahat sementara, jarak dari Pos ke Pos hanya membutuhkan waktu 15-30 Menit.

Biasanya Para Pendaki jika ingin Menginap di Gunung ini biasa membuat BaseCamb di Pos 9 karena jarak dari Pos 9 / Pos terakhir sebelum Puncak hanya membutuhkan waktu 20 Menit untuk sampe kePuncak Gunung Bulusaraung dengan melalui Jalur sisi Gunung yang cukup Terjal dan Bebatuan Lepas,Puncak Gunung ditandai dengan  adanya Pemancar Radio Milik BTNBB dan tentunya Tugu atau biasanya disebut TREANGGULASI oleh Para Pendaki Gunung.

No comments:

Post a Comment

Analog Clock